Inilah Beberapa Kuliner Jogja yang Lezat dan Menyehatkan untuk Oleh-oleh Keluarga Anda




Jogjakarta merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memang memiliki sistem otonomi daerah yang khusus diberikan oleh pemerintah pusat. Selain kota ini berdiri sebagai sebuah provinsi tersendiri, kota inipun memiliki sistem pemerintahan yang masih berkaitan dengan keluarga kerajaan Jogjakarta. Kota yang berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah ini pun juga dikenal sebagai kota pelajar sekaligus kota tujuan wisata yang banyak dikunjungi tidak hanya wisatawan domestik, namun juga wisatawan luar negeri. Bagi Anda yang memang tertarik untuk mengunjungi kota dengan budaya yang kental ini, berikut ini beberapa referensi kuliner Jogja yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh khas untuk keluarga Anda yang berada di rumah:

Inilah Beberapa Kuliner Jogja yang Lezat dan Menyehatkan untuk Oleh-oleh Keluarga Anda

  1. Gudeg
Masakan asli Jogja ini merupakan olahan makanan yang terbuat dari bahan buah nangka muda yang diolah dengan tekstur manis didalamnya. Pada umumnya makanan ini dapat kita temukan diberbagai wilayah di Jogjakarta, serta banyak disajikan di pinggiran jalan Malioboro sebagai sajian kuliner khas didalamnya. Meskipun tergolong sebagai makanan berat, namun olahan buah nangka muda inipun dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga Anda, karena kini banyak disajikan dalam bentuk terpisah dari kuah, sehingga akan memiliki daya tahan yang lebih lama.

  1. Bakpia Pathok
Makanan kecil ini memang lebih dikenal sebagai sajian khas kota Jogjakarta yang banyak disajikan oleh pusat oleh-oleh dikota tersebut. Makanan yang terbuat dari olahan tepung sebagai bahan pelapis luarnya serta berbagai bahan isian seperti kacang hijau, coklat dan keju ini memiliki tekstur yang lembut dan crispy, sehingga akan membuat siapa saja yang menikmati ketagihan untuk terus merasakannya. Bakpia pathok biasanya dijual dalam bentuk dus, yang berisi beberapa biji bakpia.

  1. Geplak
Oleh-oleh khas Jogjakarta ini juga memiliki citarasa yang manis, dimana serutan daging kelapa muda yang dicampur dengan pemanis gula alami menjadi bahan pembuatan utamanya. Namun kini oleh-oleh khas Jogjakarta ini banyak diolah dengan menggunakan bahan campuran rasa lainnya, sehingga dapat kita rasakan dalam berbagai varian rasa dengan penambahan warna-warna yang menarik didalamnya. Geplak ini sendiri biasanya juga dijual dalam bentuk kemasan yang dapat kita temukan diberbagai pusat oleh-oleh kota Jogja.

Selain ketiga makanan tersebut kuliner Jogja asli lainnya pun dapat Anda temukan sebagai oleh-oleh special bagi keluarga Anda yang menunggu dirumah. Gethuk dalam bentuk basah ataupun goreng juga merupakan oleh-oleh khas yang dapat kita temukan diberbagai pusat oleh-oleh ataupun di pinggiran jalan yang berada di pusat-pusat wisata kota Jogjakarta. Yang menjadi ciri khas khusus dari makanan khas Jogjakarta ini adalah citarasa manis yang terdapat dalam makanan tersebut, sehingga sangatlah wajar jika makanan ini banyak dipadukan dengan segelas teh hangat ketika dinikmati.


0 Response to "Inilah Beberapa Kuliner Jogja yang Lezat dan Menyehatkan untuk Oleh-oleh Keluarga Anda"

Posting Komentar