Alasan Merawat Orang Tua Sakit Hingga Akhir Hayat



Pernahkan diantara kamu yang sedang diuji dengan kondisi orang tua yang jatuh sakit? Tak hanya orang tua kandung kita, tetapi bisa juga mertua dari pasangan kita. Merawat orang tua  sakit  biasanya banyak dialami saat berumur diatas 60 tahun, ntah dikarenakan umur yang sudah menua atau karena kondisi penyakit yang sudah dideritasejak lama. Bagaimana perasaan kamu saat merawat orang tua sakit? Sedih? Sakit hati? Kesal? Putus Asa?
Alasan Merawat Orang Tua Sakit Hingga Akhir Hayat

Tentunya salah satu perasaan tersebut hadir saat kamu merawat orang tua yang sudah menua. Tetapi, kamu tidak boleh salah saat bersikap. Ingatlah bahwa orang tua sudah merawatmu semenjak kamu masih ada dalam kandungan ibu hingga kamu bisa berdiri sendiri saat ini. Harus kamu ketahui juga bahwa orangtua sakit merupakan salah satu tiket gratis menuju surga. Dan perlu diingat bahwa hidup di dunia hanya sementara, jadi apa salahnya mendapatkan tiket gratis menuju surge tersebut. Mengapa harus kamu sia-siakan?
Oleh karena itu, sudah kewajibanmu untuk patuh pada orang tua dan menyayanginya hingga akhir hayatnya. Berikut beberapa alas an mengapa kamu harus menjaga dan merawat orang tua sakit:
        Orang tua merupakan pintu surga yang utama
Perlu kamu ketahui, ada hadist HR Tarmidzi yang menyatakan bahwa “orang tua merupakan pintu surge yang paling tengah, terserah kamu, hendak kamu terlantarkan ia, atau kamu akan menjaganya.’’
Dan ada keterangan bahwa pintu surga paling tengah meruapakn pintu paling bagus dan tertinggi kedudukannya, dengan kata lain bahwa kamu harus mentaati dan menjaga orang tua untuk mendapatkan surga tersebut.
        Berbakti pada orang tua merupakan amalan utama
Ada seseorang yang bertanya apada Rasulullah amalan-amalan utama yang paling utama dan sangat dicintai Allah. Nabi SAW menjawab ‘Pertama sholat pada waktunya, kedua berbakti pada kedua orang tua, dan ketiga jihad di jalan Allah.’
Nah, dalah hadist Riwayat Bukhari tersebut sangat jelas, berbakti pada orang tua merupakan salah satu amalan yang disenangi oleh Allah. Oleh karena itu, berbakti kepada orang tua hingga akhir hayatnya merupakan kewajiban, meskipun dalam kondisi sakit sekalipun.
Saat kamu merawat orang tua yang sakit, tentunya perlakuannya berbeda saat mengasuh anak kecil. Mengasuh lansia memiliki cara tersendiri, selain kamu yang disibukkan dengan pekerjaan, mengasuh orang tua membutuhkan tingkat kesabaran ekstra, hal ini dikarenakan orang tua yang sudah tua dan tentunya prilakunya kembali menyerupai anak kecil. Sebagai anak yang sudah dibesarkan, kamu harus memperlakukannya seperti mengasuh anak kecil, seperti bicara dengan nada pelan. Selain itu, jika orang tua sedang ngomel, kamu jangan membantahnya, cukup mendengarkan saja ocehannya. Tak hanya itu, kamu jangan membiarkan orang tua kamu melamun, ajaklah beraktifitas ringan sehingga pikirannya tetap bisa aktif.
Nah, itu ulasan tentang merawat orang tua sakit, baik alasan mengapa kamu harus merawatnya dan cara mengasuh orang tua yang sedang sakit.

1 Response to "Alasan Merawat Orang Tua Sakit Hingga Akhir Hayat"