Tips Cerdas Merawat Notebook Agar Tidak Lemot



Perkembangan teknologi selalu menghadirkan barang yang terbaru. Entah itu smartphone, komputer, laptop, notebook, dan masih banyak lagi yang lainnya. dengan adanya semua itu, akan mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan apapun. Karena semakin banyaknya orang pintar atau ahli dalam bidang tertentu, semakin banyak pula teknologi yang selalu hadir dengan kualitas terbaru.

Seperti misalnya dari laptop atau notebook. Dahulu yang pertama kali muncul adalah komputer, yang hanya bisa digunakan hanya didalam ruang saja, tanpa bisa dibawa kemana-mana. Lain halnya dengan sekarang. Saat ini sudah ada laptop yang sama fungsinya dengan komputer, dan bisa dibawa kemanapun Anda pergi. Jadi, lebih mempermudah Anda dalam mengerjakan apapun.

Dan juga sekarang ada notebook. Sebenarnya sama saja dengan laptop, hanya saja notebook ini ukurannya lebih kecil. Jadi lebih praktis saat dibawa kemanapun Ana pergi. Dan juga lebih ringan jika dibandingkan dengan laptop. Dalam penggunaan notebook ini, sebaiknya juga melakukan perawatan agar tetap awet dan bisa selalu digunakan kapan saja. dan biasanya keluhan jika notebook sudah mulai rusak adalah lemot.

Agar notebook Anda lebih awet dan juga tidak lemot, sebaiknya dengan melakukan beberapa tips dibawah ini. Diantaranya adalah:


·         Deteksi virus. Hal yang pertama dilakukan untuk mengatasi notebook yang sudah mulai lemot adalah dengan mendeteksi virus yang terdapat pada notebook tersebut. Karena virus bisa datang dari mana saja. Misalnya dari apa yang Anda download melalui notebook tersebut. Karena biasanya banyak yang suka mendownload film, lagu, dan yang lain sebagainya. Itu semua terkadang membawa virus yang sangat berbahaya bagi notebook Anda. juga terkadang berasal dari flashdisk yang didalamnya juga terdapat virus.
·         Bersihkan junk file. Banyak juga beberapa program tambahan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jika notebook Anda mulai lemot. Dan salah satu program tersebut adalah cleaner. Program aplikasi tersebut bisa membantu untuk membersihkan file yang tidak terlalu penting dalam notebook Anda.
·         Uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan. Solusi yang selanjutnya adalah dengan cara meng-uninstall program atau aplikasi yang tidak penting dan juga tidak Anda butuhkan. Karena dengan banyaknya aplikasi yang terdapat dalam notebook tersebut bisa menyebabkan notebook Anda menjadi lemot. Karena beberapa program atau aplikasi tersebut juga bisa memakan resource memory dari notebook, sehingga bisa menyebabkan pengalokasian notebook tersebut menjadi tidak optimal.
·         Cek kapasitas hard disk. Apabila kapasitas dari hard disk tersebut penuh, maka itulah yang bisa menyebabkan notebook menjadi lemot. Maka dari itu, usahakan kapasitas dari hard disk tersebut masih ada ruang kosong yang cukup.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi notebook Anda jika sudah mulai lemot. Jangan lupa pula untuk selalu dibersihkan bagian keyboardnya agar tidak banyak debu yang masuk dan bias menyebabkan kerusakan pada keyboard notebook Anda.


0 Response to "Tips Cerdas Merawat Notebook Agar Tidak Lemot"

Posting Komentar