Membahas Sedikit Kelebihan Dan Kekurangan Buku Fisik VS Buku Online


Buku adalah sumber pengetahuan dan informasi dari membaca buku kita akan mengetahui hal apa saja dan belajar apa pun, namun seiring perkembangan jaman buku telah berevolusi ke dalam bentuk digital atau sering di sebut e-Book atau buku online. tidak sedikit orang yang mulai beralih menggunakan buku online tersebut karena mudah membawanya ke mana-mana dan sangat praktis, ini menyebabkan popularitas buku fisik menjadi pudar tidak sedikit orang yang mulai meninggalkan buku fisik ini karena perkembangan teknologi dan internet mempengaruhi hal tersebut. akan tetapi peminat buku fisik masih tetap ada mereka setia dan tetap membaca dari buku fisik tersebut dengan berbagai alasan yang bisa di terima, buku fisik juga tetap di butuh kan di beberapa tempat dan kantor. jika kita membandingkan lebih baik mana buku online atau buku fisik? jawabannya pasti bervariasi karena masih tidak sedikit yang membaca melalui buku digital dan masih banyak yang menggunakan buku fisik. berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan masing-masing dari setiap buku yang mungkin harus kamu tahu.

Membahas Sedikit Kelebihan Dan Kekurangan Buku Fisik VS Buku Online

kelebihan buku fisik sebenarnya ada banyak meski di era modern seperti ini kamu pasti sering menemukan buku fisik yang mempunyai harga yang mahal akan tetapi tetap saja ada orang  membelinya, ini menandakan membaca buku fisik mempunyai kesenangan tersendiri. misalnya seorang penulis terkenal yang memiliki sebuah novel yang mempunyai penggemar berat terhadap novelnya dan hampir di setiap penulis itu mengeluarkan novel baru pasti akan habis terjual. buku fisik juga memiliki keunikan tersendiri mulai dari sampul hingga pembatas buku yang unik dan terkadang beberapa buku fisik sering memberikan bonus hadiah tergantung buku apa yang sedang di jual. peran para kolektor buku juga sangat mempengaruhi nilai lebih buku fisik, karena ada beberapa buku yang sangat langka dan juga memiliki edisi terbatas hal seperti ini bisa dijadikan investasi jangka panjang yang menguntungkan. namun ada banyak yang menjadi kekurangan dari buku fisik ini yaitu penggunaan bahan baku yang menggunakan kayu dari pohon. karena ini buku fisik jika kita menyimpannya akan memakan banyak tempat, berdebu dan rentan terbakar berbeda dengan buku online yang tanpa fisik. para penulis juga kesulitan menerbitkan buku mereka dan memasarkan buku tidak mudah banyak proses-proses tertentu yang harus dilalui.

bagaimana dengan buku online atau buku digital? kelebihannya tentu banyak juga salah satunya adalah praktis dan mudah di bawa kemana pun. kelebihan lain dari buku online adalah adanya beberapa fitur yang membuat membaca menjadi lebih asik  seperti fitur audio dan mesin pencarian, cara berbelanjanya pun mudah kamu hanya perlu membeli secara online tanpa harus takut kehabisan stok. jika kamu mempunyai 10 ribu buku fisik kamu memerlukan biaya perawatan dan tempat yang luas akan tetapi jika kamu mempunyai 10 ribu buku online atau buku digital kamu hanya perlu sebuah media penyimpanan yang berukuran mikro yang tersedia di dalam telepon pintar atau perangkat komputer. untuk para penulis sebenarnya lebih mudah menerbitkan buku melalui media online karena banyak penerbit dan tempat khusus untuk beberapa penulis, atau jika kamu mau kamu dapat menerbitkan buku kamu sendiri. namun ada beberapa hal yang menjadi kekurangan pada buku online atau buku digital tersebut misalnya rentannya pembajakan karena ini bentuk digital menyalin dan memperbanyak halaman sangat mudah di lakukan. kekurangan lainya adalah kesehatan mata karena membaca buku perlu fokus terhadap layar telepon pintar dan perangkat komputer sehingga mata kamu  mudah terlelah. membaca buku secara digital berarti memerlukan sumber daya dan ini cukup merepotkan terlebih lagi jika kita sedang melakukan aktivitas di luar yang tidak memungkinkan mendapat sumber energi untuk perangkat elektronik kamu. satu hal lagi yang menjadi kekurangan dari buku online ini adalah adanya kenyamanan dalam membaca, kalau membahas soal praktis dan mudah di baca di mana pun memang benar akan tetapi berbicara kenyamanan membaca buku fisik lebih nyaman jika menurut riset dan beberapa pengalaman. membaca buku online akan membuat mata kita mudah lelah dan terkadang membuat rasa pusing di kepala sehingga fokus pada saat membaca menjadi berkurang, kemudian sensasi dalam membaca dan terhanyut di dalamnya kurang terasa dan lebih nyaman ketika membaca menggunakan buku fisik.

kurang lebih seperti itulah beberapa contoh kekurangan dan kelebihan buku online dan buku fisik jadi kamu memilih yang mana? mau membaca menggunakan buku online atau buku fisik semua tergantung kenyamanan dan selera masing-masing karena membaca buku tidak memiliki aturan yang mengharuskan kita memilih media yang mana yang harus kita gunakan.

0 Response to "Membahas Sedikit Kelebihan Dan Kekurangan Buku Fisik VS Buku Online"

Posting Komentar