Mengulas Tentang Teknologi Kereta Tercepat di Dunia yang Harus Anda Coba

Mengulas Tentang Teknologi Kereta Tercepat di Dunia yang Harus Anda Coba


Kereta api memang diketahui adalah alat transportasi tercepat yang beroperasi di daratan dan juga yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan ini begitu pesat di negara-negara yang cukup banyak populasinya dan memang diketahui bahwa alat ini memang menjadi yang paling sering digunakan oleh masyarakatnya karena teknologi dari kereta tersebut sangat maju dan membuat yang menggunakannya nyaman serta mengirit waktu. Ada beberapa kereta dari berbagai negara yang sudah diakui paling cepat di dunia. Berikut adalah jenis-jenisnya:

  1. CRH 380A Maglev Shanghai
Kereta ini berasal dari negeri bambu, China yang sudah tidak diragukan lagi kecepatannya. Kereta yang mulai beroperasi semenjak tahun 1999 sebenarnya dibangun oleh Jerman yang menerapkan teknologi tersebut dan membuat kereta ini dapat berjalan dengan kecepatan hingga 430 km per jamnya. Oleh karena itu kereta ini dinobatkan menjadi kereta tercepat kedua di dunia. Selain itu, kereta ini dapat melesat tanpa mengeluarkan suara sedikit pun. Kereta ini beroperasi pada daerah Shanghai-Nanjing dan juga Shanghai-Hangzhou dan mempunyai rel khusus masing-masingnya. Ditambah lagi, sebelum peluncurannya, kereta ini sudah diuji sebanyak lebih dari 1.000 kali dan selalu lolos. Jadi penumpang akan merasa aman karena sudah sangat terjamin.

  1. JR-Maglev MLX01
Kereta asal Jepang ini pernah tercatat dalam Guinness World Records dalam kategori kereta tercepat di dunia. Kereta yang berjalan dengan menggunakan listrik ini memiliki bentuk yang menyerupai pesawat dan menggunakan sebuah teknologi ternama levitasi magnetic atau kerap disingkat maglev dan mampu berjalan dengan kecepatan hingga 581 km per jamnya sejak tahun 2003 silam. Kereta ini hanya mempunyai tiga sampai lima gerbong saja demi tetap mempertahankan kecepatannya saat meluncur di rel khusus dari Tokyo sampai Osaka. Kereta ini juga menggunakan teknologi magnetik yang mampu membuat kereta tersebut melayang di atas rel sebanyak 10 cm.

  1. KTX
Kereta asal negeri ginseng, Korea Selatan ini pertama kali beroperasi sejak tahun 1992. Kereta ini terkenal karena mengadopsi teknologi dari Prancis, TGV, yang membuatnya dapat berjalan dengan kecepatan yang tinggi. KTX mampu berjalan cepat hingga 352 km per jamnya. Kereta ini juga menghubungkan beberapa kota besar mau pun kecil di Korea dan di pakai sebagai alat transportasi sehari-hari mereka. Namun demi alasan keamanan, kecepatan kereta ini diturunkan hingga 250 km per jamnya.

  1. TGV (Train a Grande Vitesse)
Alat transportasi ini dapat di jumpai di Jerman sejak tahun 1981. Kereta ini memiliki kecepatan maksimum sebesar 575 km per jamnya. Yang menjadi keunikannya, kereta ini menjadi alat transportasi untuk menghubungkan antar kota, juga menghubungkan beberapa negara tetangganya. Pertama kali dibuat sebuah rute dari Lyon dan dibangun oleh Alstom, sebuah perusahaan yang membuat kereta terbesar nomor dua di dunia.


0 Response to "Mengulas Tentang Teknologi Kereta Tercepat di Dunia yang Harus Anda Coba"

Posting Komentar