Ini Dia Alasan di Balik Laptop yang Suka Mati Sendiri dan Solusinya

Ini Dia Alasan di Balik Laptop yang Suka Mati Sendiri dan Solusinya


Hampir semua para pekerja dan juga anak muda di Indonesia pastilah mempunyai yang namanya sebuah laptop, yaitu gadget yang serupa kegunaannya dengan komputer, namun dapat dibawa kemana pun Anda pergi. Sering kali saat kita sedang bekerja dengan menggunakan laptop tiba-tiba berhenti sendiri dan yang menjadi mimpi buruk adalah pekerjaan yang kita kerjakan dari tadi belum sempat tersimpan atau di save. Sebenarnya Anda tidak perlu panic, jika laptop terus tidak mau menyala dan Anda berpikir untuk menservicenya tanpa mencari tahu apa penyebabnya, pastilah akan rugi. Karena tidak semua laptop yang mati secara tiba-tiba itu dikatakan rusak. Berikut adalah masalah-masalah yang dapat menyebabkan laptop mati dan juga bagaimana cara mengatasinya:

  • Overheat
Suhu laptop jika sedang dipakai pasti akan meningkat dan bisa terbilang panas. Namun jika panasnya sudah berlebihan, maka hal ini dapat memicu laptop Anda mati dan hal ini lah yang menjadi alasan yang sering sekali ditemukan. Jangan menggunakan laptop diatas tempat tidur, bantal, sofa dan lain sebagainya yang mempunyai permukaan yang tidak rata dan membuat sirkulasi udara dari laptop ini menjadi terganggu. Dengan tidak menaruh diatasnya, maka suhu laptop Anda pun akan normal dan tidak akan mati secara tiba-tiba. Anda harus menggunakan alas yang keras serta rata yang membuat sirkulasi udara jadi lebih baik. Kalau bisa pakailah cooling pad atau kipas pendingin laptop.

  • Pasta Prosesor sudah Berumur
Pasta prosesor yang sudah berumur memang mudah membuat laptop mati secara tiba-tiba. Pasta prosesor ini sebenarnya mempunyai fungsi untuk menghambat panas yang datang dari prosesor menuju heatsink. Heatsink adalah sebuah logam yang didesain khusus terbuat dari alumunium dan tembaga, mempunyai fungsi memperluas proses panas yang datang dari prosesor. Jika mengering, maka panas akan mempengaruhi prosesor dan akan merusak beberapa komponen penting di dalam laptop dan akhirnya menyebabkan laptop mati. Untuk itu oleskan pasta yang baru dengan merata.

  • RAM Kotor
RAM yang kotor juga ternyata dapat menghambat kinerja laptop Anda dan membuat nya error dan tiba-tiba mati. Meskipun adanya di dalam, namun RAM ternyata juga kemasukan debu atau berkerak karena sudah lama dan jarang dibersihkan. RAM ini sangat penting karena dapat menyimpan memori, jadi Anda harus sangat memperhatikannya. Untuk itu Anda perlu membersihkannya dengan penghapus atau meng-upgrade RAM tersebut.

  • Terlalu Dipaksa
Sering kali para penggunanya memaksakan kehendaknya sendiri. Sering kali masyarakat membeli laptop jenis biasa yang seharusnya hanya dipergunakan untuk bekerja atau belajar, namun dijadikan sebuah laptop untuk bermain game. Tentu saja spesifikasinya tidak sesuai dan akan membuat laptop tersebut lebih berat saat beroperasi, maka tidak heran jika laptop tiba-tiba mati. Pada awalnya memang tidak apa, namun jika dipaksa terus maka suhu akan terus naik, error dan akhirnya mati.


0 Response to "Ini Dia Alasan di Balik Laptop yang Suka Mati Sendiri dan Solusinya"

Posting Komentar