4 Tips Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga Anda dengan Baik

4 Tips Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga Anda dengan Baik



Jika Anda memiliki gaji yang tidak cukup besar, maka Anda harus cerdas dalam mengatur biaya yang dikeluarkan untuk rumah tangga Anda. Selain memenuhi biaya rumah tangga, Anda pun harus memikirkan biaya-biaya yang lainnya seperti biaya pendidikan buah hati, biaya keperluan pribadi, dan biaya lainnya. Dengan ini, Anda haruslah cermat dalam membagi gaji Anda untuk semua kebutuhan yang ada. Tetapi, hal ini sebenarnya cukup sulit, namun jika Anda memiliki perencanaan setiap bulannya, pasti Anda tidak akan kesulitan untuk memenuhi biaya-biaya tersebut. Berikut adalah 4 tips untuk mengatur gaji Anda agar cukup memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang ada :

  1. Mencatat Semua Pengeluaran
Untuk mengetahui berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk rumah tangga setiap bulannya, Anda harus membuat catatan apa saja biaya yang pasti dikeluarkan dalam sebulan. Kalau bisa, ada baiknya jika Anda mengurangi hal yang memang tidak sangat diperlukan dalam rumah tangga dan menghemat pemakaian fasilitas-fasilitas negara seperti listrik, air dan telepon. Selain itu, Anda harus mencatat segala pengeluaran, termasuk hal kecil seperti biaya parkir, bensin, biaya keamanan bulanan, iuran sampah, dan lain sebagainya. Dengan ini, Anda dapat mengetahui mana yang bisa dihemat, mana yang bisa di kecilkan biayanya, dan lain-lain.

  1. Membuat Rencana Perbelanjaan
Karena pendapatan Anda tidak terlalu besar, membuat rencana perbelanjaan sangatlah penting. Sebelum membeli sesuatu haruslah memiliki rencana untuk apa barang ini dan apakah barang ini sangat diperlukan atau tidak. Dengan adanya perencanaan, Anda bisa mengurangi barang-barang apa yang hanya menjadi keinginan dan bukan kebutuhan utama Anda seperti membeli tas dan baju baru, pergi ke salon kecantikan, memodifikasi kendaraan, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut sebenarnya tidak perlu, kecuali jika memang benar-benar ada kerusakan atau sudah tidak layak dipakai lagi.

  1. Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak
Jika Anda tidak memiliki uang yang cukup, maka Anda pasti memilih untuk menggunakan kartu kredit yang sudah Anda miliki. Namun, jangan memakainya secara sembarangan, karena pada akhirnya Anda harus membayarnya sampai lunas dan itu sama saja akan menjadi beban jika digunakan dengan semau Anda. Lebih baik kartu kredit dipakai jika memang sudah benar-benar terdesak dan Anda sangat membutuhkan suatu barang tersebut saat kekurangan biaya. Jika Anda tidak bisa menggunakannya dengan bijak, lebih baik Anda menutup akun kredit Anda sesegera mungkin karena itu akan menjadi beban baru bagi Anda.

  1. Kurangi Naik Kendaraan Pribadi
Menggunakan kendaraan pribadi untuk berpergian memang sangat nyaman. Tapi untuk menghemat uang Anda, ada baiknya untuk menaiki kendaraan umum, memakai sepeda, atau berjalan kaki jika tujuan Anda tidak jauh. Dengan begitu, Anda dapat mengirit uang bensin, uang perbaikan mesin, dan lainnya yang diperlukan bagi kendaraan Anda tersebut. Hal ini juga sangat dianjurkan karena dapat mengurangi kemacetan.

0 Response to "4 Tips Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga Anda dengan Baik"

Posting Komentar